Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

Sebelum kita ulas mengenai peranan norma dalam masyarakat, ada baiknya kita mengetahui pengertian norma? Kadang-kadang dalam hubungan itu seringkali mempertemukan keperluan yang tidak sama, karenanya Surojo Wignjodipuro menggolongkan “kepentingan” jadi 2 jenis, yakni : (a) kebutuhan menggembirakan, di mana kebutuhan itu mempunyai tujuan untuk sama-sama memenuhi. (b) kebutuhan tidak menggembirakan, di mana kebutuhan itu sama-sama berlawanan serta sama-sama berkompetisi.

Dari banyak kebutuhan yang sama-sama bersua, terlebih yang menyangkut kebutuhan individu, seringkali hal itu bisa menyebabkan ketidak harmonisan keduanya. Oleh karna itu, tiap-tiap anggota masyarakat mesti mematuhi dan memerhatikan sebagian ketentuan yang ada. Dan berikut adalah pengertian norma menurut beberapa pakar.

Pengertian Norma Menurut Beberapa Pakar

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Norma yaitu aturan yang ditujukan untuk pengendali, tips, dan tatanan yang bisa dipakai seorang jadi panduan dalam berperilaku dalam masyarakat.

2. Soerjono Soekanto
Banyak karya buku yang sudah beliau hasilkan, beliau sempat juga jadi Guru Besar UI. Tentang pengertian norma beliau menyebutkan kalau norma adalah piranti yang di buat dengan maksud untuk mengatur hubungan dalam bermasyarakat supaya jalan sesuai sama yang dicita-citakan.

3. Bellebaum
Norma adalah satu alat yang di buat dengan maksud untuk mengatur seorang dalam kehidupan bermasyarakat supaya perilakunya sesuai sama kepercayaan dan sikap yang berlaku dalam masyarakat itu.

4. A. Ridwan Halim
Dalam gagasannya beliau menyebutkan kalau norma yaitu semuanya ketentuan baik itu tertulis ataupun tidak tertulis yang dipakai jadi dasar yang perlu dikerjakan oleh kebanyakan orang dalam satu masyarakat.

5. Ernst Utrecht
Beliau merupakan ilmuan yang sempat menjabat dosen di Kampus Hasanuddinn. Ernst Utrecht menyebutkan kalau norma yaitu semuanya himpunan panduan hidup yang dipakai untuk mengatur semuanya tata teratur dalam bermsyarakat ataupun bernegara di mana ketentuan itu mesti ditaati serta pemertintah bakal bertindak bila ada yang tidak mematuhi.

Peranan Norma Dalam Masyarakat

1. Norma berperan mengatur hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

2. Norma jadikan referensi basic memberi sangsi untuk pada siapapun yang tidak mematuhi sebagian ketentuan yang telah berlaku. Jadi untuk seorang yg tidak mematuhi atau tidak mematuhi ketentuan yang ada, jadi juga akan dipakai hukuman atau sangsi.

3. Norma adalah dasar untuk seorang dalam berbuat serta bertingkah laku baik antar individu, dengan alam, ataupun dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Norma berperan sebagai pengendalian sosial hingga terwujud kehidupan yang adilan, tentraman, nyamanan, dan terbangun ketertibannya didalam masyarakat.

5. Peranan yang ke-4 yaitu norma bisa menolong tercapainya maksud dalam kehidupan masyarakat. Yang disebut tercapainya maksud yaitu seperti yang tercantum dalam peranan ke-3. Ada norma-norma yang berlaku jadi negara bisa menjangkau maksudnya dalam terwujudnya keadilan, ketentraman, kenyamanan, serta ketertiban dalam masyarakan.

Beberapa Jenis Norma Yang Berlaku Dalam Masyarakat

a. Norma Agama
Norma agama yaitu ketentuan yang bersumber dari ajaran agama yang diisi perintah serta laranagn. Dalam norma agama bukan sekedar mengatur langkah peribadatan yakni hubungan manusia dengan tuhan-Nya tetapi juga mengatur hubungan pada sesama manusia serta manusia dengan lingkungannya. Orang yang tidak mematuhi norma agama juga akan memperoleh sanski yang juga akan dia peroleh di akhirat kelak.

b. Norma Kesusilaan
Norma Kesusilaan adalah ketentuan di masyarakat yang bersumber dari hati nurani manusia. Norma ini sifatnya universal yakni bisa di terima kebanyakan orang dimana saja. Misalnya yaitu (1) berlaku jujur, (2) larangan untuk mengambil, (3) sama-sama mengasihi antar sesama dan lain-lain.

c. Norma Kesopanan
Norma kesopanan adalah aturan atau ketentuan yang bersumber dari pergaulan dalam kehidupan bermasyarakat. Norma ini berbentuk spesial, berarti tiap-tiap tempat atau daerah mempunyai norma kesopanan yang berlainan. Sangsi untuk pelanggarnya yaitu berbentuk cemoohan atau celaan dari orang yang lain. Misalnya yaitu (a) tidak sopan bicara selagi makan, (b) membungkukkan tubuh waktu lewat dimuka orangtua, (c) menggunakan baju yang ketat, (d) bicara memakai bahasa karma pada seorang yang lebih tua (dalam orang Jawa).

d. Norma Hukum
Norma hukum adalah aturan yang dibikin oleh negara yang sifatnya tegas serta mengikat. Sumber dalam norma ini dapat berbentuk perudang-undangan, yurisprudensi, ataupun agama. Serta diluar itu, negara memiliki aparat untuk menggerakkan norma hukum seperti polisi, hakim, jaksa. Misalnya yaitu (1) pelanggar rambu lalulintas juga akan memperoleh sangsi berbentuk tilang, (2) membunuh seorang juga akan memperoleh hukuman di penjara, (c) seseorang yang mengambil uang negara atau korupsi akan dihukum penjara.

Itulah penjelasan mengenai pengertian norma dan beberapa macam norma yang berlaku didalam masyarakat, jika ada kekeliruan atau kekurangan tolong koreksinya jadi bahan evaluasi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 2